Wednesday, November 10, 2010

Suku Abui

Sekitar 2 minggu yang lalu, gw mononton satu acara di salah satu televisi swasta yang judulnya 'Primitive Runaway'. Bukan yang pertama kali juga gw nonton acara ini, tetapi tidak tahu kenapa di episode kali ini banyak sisi menarik dan sedikit menyentuh. Sekilas tentang acara ini, acara ini merupakan tantangan bagi selebriti untuk hidup di suatu daerah atau suku yang masih bisa dibilang primitif. Kali ini adalah Suku Abui yang berada di pulau Alor kepulauan Nusa Tenggara Timur. Sedikit gambaran tentang suku ini :

Suku Abui memiliki pakaian tradisional yang terbuat dari kain sejenis songket. Pakaian pria dan wanita memiliki namanya masing-masing. Untuk pakaian wanita disebut noang sedangkan untuk pakain pria disebut keng. Cara menggunakan pakaian ini sangat mudah karena hanya dililit saja.
Makanan pokok kesehariannya pun bukan nasi, melainkan jagung. Jagung rrebus ini biasa mereka sebut dengan fatmamal. Jagung rebus yang satu ini lain daripada yang lain karena mereka memasaknya dengan setengah matang. Semua itu dimaksudkan agar yang memakan jagung rebus lebih cepat kenyang dan dapat menahan lapar lebih lama.
Masyarakat suku Abui beristirahat dirumah peristirahatan atau tofa. Rumah ini seperti rumah panggung namun dibagian bawahnya ada tempat tambahan. Karena dirumah tersebut pria dan wanitanya tidur secara terpisah. Wanita dibagian atas dan pria dibagian bawah.





itu hanya sedikit tentang Suku Abui.
Walau hidup dengan gaya masih sangat tradisional, bukan berarti mereka tidak memiliki kegiatan setiap harinya. Untuk suku tersebut, pantang yang namanya bermalas-malasan. misalnya, keseharian para laki-laki, baik orang dewasa maupun anak kecil adalah berburu babi, membuat panah, dan membuat rokok dari tembakau yang dilinting. Untuk para wanitanya adalah berkebun, mencari sayuran, memasak dan mengambil air.

Kehidupannya memang sangat sederhana, ditambah mereka tidak merima listrik untuk kesehariannya. Mereka masih berpegang teguh bahwa alam tidak boleh ada yang mengganggu. Yang menarik dari suku ini adalah rasa kebersamaan dan nilai-nilai yang masih dijalankan dengan teguh, disaat gempuran globalisasi dan modernisasi di zaman sekarang. Rasa kebersamaan ini yang membuat Suku ini tetap hidup. Nilai-nilai yang mereka tanamkan terasa tidak ada paksaan ataupun beban, tetapi memang suatu keharusan untuk menjalani hidup apa adanya. Mereka memiliki cara tersendiri untuk menjalani hidupnya. Cara inilah yang seharusnya dapat dicontoh untuk masyarakat yang sudah hilang nilai-nilai akal sehatnya.
toh, tidak ada salahnya untuk banyak belajar dari kebudayaan yang masih bisa dibilang primitif ini. Primitif, tetapi hidup damai lebih baik daripada moderen, tetapi hidup bergelimang kebohongan.

Sunday, October 17, 2010

Yes, i will

oke, mungkin orang bosen tiap kali gw nulis yang gw omongin tentang jurnalistik jurnalistik dan jurnalistik.

honestly, sampe sekarang gw belum tahu pasti dengan tujuan gw ke depan natinya mau apa dan bagaimana. gw emang suka baca buku dan ingin belajar menulis. gw tahu caranya menulis, tapi gw belum bisa merangkainya dengan benar sehingga membuatnya lebih bermakna. bermakna buat gw dan orang lain.
kalo gw bilang ke orang gw masuk jurnalistik, yang pertama dibilang pasti "oh, mau jadi wartawan ya?". hemm, gw cuma bisa senyum kalo orang udah ngasih pertanyaan kaya gitu. bukannya nggak mau ya, tapi gw belum bisa memastikan mau apa gw di jurnalistik ini.

yang membuat gw nggak patah semangat di jurnalistik, gw selalu kagum dengan orang-orang didalamnya. gw suka dengan semangatnya anak-anak jurnalistik yang selalu ingin tahu. of course, kita diajarkan untuk seperti itu. the nose of news value.

yang gw tahu di dalam diri gw adalah gw orang yang pembelajar, ingin belajar, selalu ingin tahu, ingin kenal dengan orang banyak, dan membanggakan orang yang kenal dan sayang sama gw. selalu gw tanamkan , hidup itu harus semangat.

yeah, i am who iam.
but i can be the really i am :)

Monday, October 4, 2010

This Is Reality, guys

hey, hello there ! ;)
sebenernya gw udah gatau sekarang harus senyum, sedih atau apa?
sejak semester 3 udah aktif, maksudnya pembelajaran udah mulai ketat lagi, , mulai dari situ kehidupan gw bener-bener berubah.
jangan takut dulu bacanya.. hhee

kenapa gw bilang kaya gitu? because of journalism.
ya, gw udah mulai penjurusan dan gw dengan beraninya tanpa gentar masuk jurusan jurnalistik.
daaaaaaaaan, terbukti!
terbukti kata-kata senior gw yang nakut-nakutin tentang jurnalistik.
oke, mulai dari awal masuk jurnalistik, kehidupan gw kaya 'ditempa'.
kesibukan, kengerian, riweuh nya jurnalistik udah mulai kerasa BANGET!
saking udah keselnya, gw udah gabisa berkata apa-apa lagi.

ternyata kaya gini loh, hidup para jurnalis.
keras, dibawah tekanan, dikejar deadline, dan semacamnya lagi.
mau ga mau lo harus bisa nyesuain diri lo secepat mungkin.
kalo nggak? lo bakal kalah sama yang lain.
di jurnal, selembut apa hati lo, lo harus bisa tahan banting, ga cengeng!
ya, ini pelajaran yang paling bisa gw pelajarin, karena mudah-mudahan ini buat masa depan gw nanti.

yang membuat gw merasa beruntung, gw bisa kenal sama dosen-dosen yang hebat!
mudah-mudahan gw bisa terus tough ngejalanin apa yang harus gw jalanin sekarang .

semangaaaaaaats JURNAL 2009 !!!! :)

Monday, September 13, 2010

Randomness

uoooh, udah berapa lama dan berbagai macam cerita yang telah gw lewatin.
maksudnya, banyak cerita dan kejadian yang nggak gw ceritain disini. padahal, di otak tuh pengen banget nulis. tapi ya apa boleh buat ya, gw orangnya agak males klo nulis di tempat yang gw ga pewe. maksudnya lagi, gw kan lagi di rumah nih, laptop ya tak tinggal gitu di kosan. jadi ya pake laptop nyokap aja.

heeemm, setelah libur hampir 2 bulan, diselingi masuk CUMA seminggu karena habis itu lebaran, banyak kegalauan yang gw rasain.
apalagi semenjak liburan, yang gw pilih di rumah aja biar ngerasain liburan banget daripada ikutan ospek anak 2010.
yak, gw memilih di rumah karena ya pacar. wahahahahaha.
tapi gara-gara liburan juga susah senengnya tuh kerasa. gw ngerasain gimana susahnya cari duit!
ya ga mungkin juga kan gw minta terus sama ortu. dikira duit jatoh dari langit apa.

di liburan kemarin juga gw merintis usaha kecil kecilan sma 3 adek kelas gw. usaha apa? aksesoris cewe dong :)
sebenernya, di liburan yang kemaren juga gw ngerasain betapa berharganya sahabat yang ada di deket lo. gimana nggak, kalo lo gapunya sahabat dan temen, mau liburan sama siapa coba?

dari mulai para Begajulan, Bacsos, Genggong, dan temen-temen gw yg lainnya..
I REALLY LOVE THEM SOOOO MUCH :)

yang paling buat gw galau lagi, dapet kabar dari si bebek kalo dia insya allah fix kuliah di malaysia ;)
makin long aja deh emang distance gw sama dia.
gw selalu berharap apapun yang terjadi , gw sama dia selalu diberi jalan yang terbaik aja.
saling percaya, saling support.
kalo kata bebek : 'semuanya kan proses, insya allah kita bisa koq'
uoooooh, belum apa apa aja gw mewek terus. apalagi kalo nganterin dia ke airport nanti..

oia, di seminggu kuliah kemaren juga udah mulai agak kerasa ya giman kerasnya di jurusan JURNALISTIK.
yes, i chose jurnalistik for my future :)

mudah-mudahan apapun yang gw pilih buat jalan hidup gw ini menjadi yang terbaik.
apapun yang terjadi, gw harus bisa bersabar, bersyukur dan bisa menerima apapun.
terus, bisa mengambil hikmah dari apapun yg gw alamin :)

Sunday, August 15, 2010

Surga di Karimun Jawa


masih kebanyakan orang pas ditanya," eh tau karimun jawa ga?" rata - rata pasti bilangnya "dimana tuh?''. padahal, ketidaktahuan orang indonesia itu bikin malu banget, karena udah banyak banget orang bule yang pergi bahkan langsung meneliti disana. hmm, pemerintah aja masih sedikit banget andilnya disana.

oke, mungkin disini gw akan sedikit membahas tentang karimun jawa.
sebelum langsung menuju karimun jawa, kita harus singgah dulu di jepara. nah, perjalanan dari depok menuju karimun jawa tuh ya lumayan lah lamanyaa.. berapa ya? kalo paling cepet tuh 12 jam kalo ga ada macet, tapi berhubung kemaren ada macet, 14 jam an lah.. jadi, gw berangkat dari depok jumat sore jam 4, nyampe hari sabtu jam 7 pagi --__--.
pas udah nyampe jepara, kita langsung buru-buru ke pelabuhan. nah, untuk menuju jepara emang cuma ada satu transportasi, yaitu kapal. kapal nya ada kapal cepat dan ada kapal lambat, dan kapal itu hanya satu kali berangkat dalam sehari, dan ga setiap hari.. jadi hanya pada hari-hari tertentu!

perjalanan dari jepara ke karimun jawa pun ga cepet, sekitar 6 jam an -_-.
yaaa, walaupun perjalanan kesana butuh waktu yg emang lama banget, tapi ga nyesel kalo udah nyampe sana.. :)
bagus dan keren banget! hmmm, kalo kata orang-orang sih bali kalah! hahahaha
ya, apalagi pas lagi snorkling, karang-karang nya masih belum tercemar.
oia, karena emang disana lebih ke perairan, rata-rata mata pencahariannya ya nelayan. masih jarang orang-orang yg mau nyoba buat ke pertanian.

gw disana 4 hari 3 malam. 2 hari disana full ke laut dan membuat kulit gw gosong -_-.
yg penasaran kaya apa sih, karimun jawa? bisa check di google atau liat foto-foto gw dibawah! hhheee..

ini beberapa foto-fotonya ....
































Monday, August 9, 2010

Karimun Jawa

hohohoho..

tak disangka sangka, akhirnya gw merasakan liburan yang sebenernya!
sebenernya, udah dari jauh jauh hari gw dan sahabat sahabat gw punya rencana buat liburan ke pantai. tapi, gara-gara banyak hal penting juga di awal-awal juni dan juli, jadwal pun semakin terulur. tapi karena sifat kekeuh nya gw dan inisiatif gw buat memulai, liburan pun berjalan :)

tanggal 31 juli kemaren, gw dan 7 orang sahabat gw sampai di karimun jawa. dana asal lo tau, gw cwe sendiri! hahahahaaha
sedikit informasi, Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
perjalanan dimulai tanggal 30 juli jam 4 sore dari depok. tujuan awal kami adalah jepara, dengan memakan waktu sekitar 13 jam! masya allah banget itu capeknya.
sesampainya di jepara, sekitar pukul 9 pagi kita naik kapal muria menuju karimun jawa. awalnya sempet mikir perjalanan hanya sebentar, tapi ternyata 6 jam!
dont worry, walaupun selama itu perjalanannya, ga akan pernah rugi buat dateng kesana :)

ini baru sekilas banget tentang karimun jawa.
gw bakal nulis lagi tentang perjalanan yg lebih mendetail tentang karimun jawa :)

Monday, July 12, 2010

Kelompok Jatinangor 21

setelah beberapa minggu libur, ga beberapa juga sihm dua mingguan lah, jumat kemarin tanggal 9 juli 2010, gw balik lagi ke jatinangor untuk acara KJ21.
apa KJ21? penjelasannya sih ada di tulisan gw yang udh lumayan lama.
singkatnya, KJ21 itu salah satu UKM di FIKOM UNPAD yang kegiatannya untuk anak-anak yang kurang mampu di sekitar jatinangor. tentunya, kita disini sebagai kakak asuh mereka.
di KJ21, kita juga punya orang tua asuh atau para donatur tersendiri.

acaranya tepat pada hari minggu tanggal 11 juli 2010. acara kemarin, kaya karya wisata gitu deh. kita pergi ke tempat kerajinan dan kesenian khas sunda , terus siangnya nonton bareng Tanah Air Beta.
yang bikin gw miris, rata-rata anak yang ikut acara kemarin sebagian besar belum pernah dateng ke Jatinangor town square, apalagi ke 21 nya.
yang lucu lagi, pas mereka mau buang air kecil, mereka pun bingung sekaligus aneh tau kalo ada wc duduk.

pas acara udah selesai, beberapa panitia ngentarin mereka pulang, kecuali Nurhasanah sama Rican.
okey, Nurhasanah itu salah satu adik asuh yang tahun ini alhamdulillah bisa melanjutkan sekolahnya ke tingkat SMP :). walaupun dia udah ketinggalan setahun, alhamdulillah tahun ini ada orang yang berbaik hati mau menanggung biaya keperluan sekolah ny selama 3 tahun.
pas dalam perjalanan nganterin nurhasanah, gw ga bisa berkata-kata.
kenapa? karena rumahnya bener-bener di kaki gunung! gw dan para anggota KJ21 yang lain juga ga habis pikir. gw ga ada maksud mengejek, tapi agak prihatin aja dia berjalan sejauh itu demi pendidikannya.

lalu, lanjut ke rumah komalasari yang lumayan jauh juga dari rumah nurhasanah. komalasari juga seperti nurhasanah, dia tertinggal satu tahun untuk masuk SMP.
rencana para anggota KJ21 disana untuk membujuk kokom agar mau melanjutkan sekolahnya. setelah mengobrol dengan orang tua nya, di depan kita sih orang tua nya tidak melarang kokom apabila ingin melanjutkan sekolahnya, tetapi ada hal yang mengganjal dalam diri kokom sendiri.

di umurnya yang masih terbilang muda, sekitar 12 atau 13 tahun, dia sudah harus menjadi tulang punggung keluarga. dia memang bukan anak pertama, tetapi kakak-kakanya sudah menikah dan bekerja di tempat lain. keluarganya memang serba kekurangan, orang tua nya pun tidak bekerja, bekerja tetapi serabutan, tidak tentu.
gw ngerti banget dengan kondisi kokom yang seperti itu. bisa dibilang, dia ga mau egois. walaupun dia bisa sekolah dengan gratis, nanti keluarganya makan apa?
gw juga ga mau menyalahkan orang tua nya juga, bapaknya memang bisa dibilang sudah tua. tetapi, itu kan memang sudah kewajiban sebagai orang tua untuk menafkahi keluarganya. ya kan?

yang gw prihatin kan, masih banyaknya orang-orang di desa yang berpikir pendek.
itu juga dikarenakan minimnya pengetahuan yang ada.
maka dari itu, bukan berarti sang anak juga berpikir pendek kan?
di masa kecilnya ini, setidaknya dia bisa merasakan pendidikan 9 tahun.

dari pengalaman di atas, gw dan temen temen gw yang baru ikutan KJ21 ngerasa tertampar aja. gw yang udh cukup dalam hal apapun kadang masih kurang dalam bersyukur ;)
bagi kalian yang sudah berkecukupan, atau yang berlebihan, bersyukr ya..
jangan sia-siain apa yang udah kalian dapaetin, karena ga semua orang bisa merasakan apa yang kalian rasain.
di daerah pinggir sana, dari mulai orang tua sampai anak-anak harus rela bekerja untuk keluarganya loh!

oh iya, yang mau berbagi kepada adik-adik ini, bisa hubungin gw ya.. :)

Wednesday, June 9, 2010

aku tidak sendiri :)

kenapa ya, selalu ada masalah untuk setiap orang?
gw yakin banget pasti setiap orang bakal jawab juga, emang lo mau hidup lo datar-datar aja?
tapikan kita masih punya kebahagiaan yang bikin hidup jadi ga datar juga!

oke, gw akuin, sampai detik ini gw masih memikul beban. beban yg gw rasa, ini berat banget!
gw emang bukan satu-satunya orang yang punya masalah, setiap orang juga punya masalah. tapi ya gimana cara kita menafsirkan dan mengatasinya kan beda-beda.

gw gamau terpuruk dengan keadaan ini.
di satu sisi gw mau banget make semua ke egoisan gw supaya gw ga mikirin masalah yang lg gw hadapi. tapi sayangnya, gw seorang perempuan normal. gw masih memikirkan perasaan semua orang yg ada di dalam masalah gw.
gw emang bukan malaikat, tetapi gw harus berjiwa besar untuk masalah ini.
ketika gw memikirkan solusi apa yang terbaik, gw belum bisa menemukan dan mengatasi masalah berat ini.
gw ga mau bakal ada orang-orang yang tersakiti.

gw yakin koq , masalah ini bakal cepat selesai dengan memakai kebesaran hati setiap orang yang ada di masalah ini.
gw cuma mau , please, hilangkan dulu egois yang yang ada!
gw juga yakin masih banyak orang yang siap membantu gw, walaupun gw harus memngeluarkan se liter air mata gw untuk menceritakannya.
gw bukan perempuan yang cukup tangguh, gw sangat lemah ketika membicarakan air mata(lemah dalam artian gw sangat cengeng)

ya allah, aku ining semuanya baik baik saja.. ;)

Monday, May 31, 2010

the best for you, Gaza ;)

haduh, menggebu-gebu banget ni gw pas lagi mau nulis ini. okey, gw nulis ini bertepatan dengan HARI TEMBAKAU SEDUNIA dan MISI KEMANUSIAAN KE GAZA, dan yg mau gw share disini adalah tentang misi kemanusiaan itu sendiri. bukan hal tabu lagi, ketika orang-orang mendengar nama ISRAEL disebutkan. hal tabu dalam artian everyone knows what happened it was. miris banget pas gw ngikutin berita ini.


kenapa?
ini misi kemanusiaan loh, tapi masih aja israel ga suka dan menghalangi apa-apa yang orang lakuin buat membantu Palestina, Gaza, dan sebagainya. okelah, persaingan atau pertikain antar negara bahkan antar suku tuh bukan hal yang tabu lagi. tapi bukan hal yang biasa lagi antara israel dengan negara arab(khususnya negara muslim). sejak gw SD, sekarang gw udah kuliah semester 2, kayanya ini ga berhenti deh :p
FYI, sekolah gw dulu, dimana sekolah swasta islam, merupakan salah satu dari kebanyakan sekolah yang ikut mengecam perbuatan ga senonoh israel.
artinya, emg dari SD gw udh ikutan yg namanya demo segala macem.. hhhaa




yang gw bingungin, ada apa sih sama israel? segitu ditakutinya kah? jelas-jelas, PBB udah ngeluarin resolusi dan secara ga langsung itu harus ditepatin dong, karena itu dari seluruh dunia. ya kan? bahkan dari negara-negara lain pun termasuk Indonesia, dan Termasuk juga Amerika Serikat juga ikut mengecam perbuatan-perbuatan israel.
tapi sekarang apa??????

yg gw liat, ga ada tuh yg membuat perang berhenti, malah semakin PARAH! kayanya ga ada hentinya gitu gw liat orang-orang islam, yg rata-rata hanya warga sipil di Gaza, Palestine, habis dibunuh. sumpah miris banget ;(
dan bukan hal yang salah juga, anak-anak seumur gw ini mengamati dan bertindak apa yang harusnya dilakukan. give your action, please..

disana itu saudara kita juga loh!
sekarang gw pun hanya bisa berdoa, semoga yg dilakukan tim kemanusiaan Gaza bisa melakukan hal yang terbaik dan dililndungi ALLAH ;)


ayo ciptakan kedamaian di duniaa :) :)

Thursday, May 20, 2010

;P

hai, hari ini 20 MEI kawan-kawan.
yang gw tau, 20 mei itu hari kebangkitan nasional dan hari ulang tahun om yang gw sayang.. wahahaha.
tapi tapi tapi, ternyata ada hal lain dan gw pun merasa aneh gitu deh.
pas kemaren buka facebook, ada kaya pengumuman kalo 20 mei gaboleh buka facebook.
ada apaan emangnya? ada irus? atau apaan?
ternyata itu hari menggambar nabi muhammad! what a silly day?!
ya kaget aja gitu, ternyata sampe sekarang masih ada aja provokatorumat beragama.

gw sebagai muslim, ngerasa itu hal yang sangat bodoh aja.
apa sih untungnya? kalo gw pribadi sih, terkenal dalam hal yang buruk itu bodoh banget.
ngapain coba? dosa iya, nambah pahala juga nggak.
sebenernya, cuma ada 2 pilihan aja, mau jadi orang yang baik atau yang buruk? THATS IT!

daripada mikirin hal yang ga penting dan marah-marah nambah dosa, gw pun memutuskan untuk baca blog temen gw.
wahahahahaha, gw pun ngakak banget.. !!!!!! ;D
kalo mau tau, namanya sakinah, sekarang kuliah di FSRD ITB. cihuy gasiiih?
hahahaha.
pas gw baca, ada ceritanya yg gw banget, dan gw pas baca malu ga jelas gitu deh, padahal ga lagi ngomongin gw.. hahahaha
dan yang diomongin tuh tentang..... CENGENG!!!! WAHAHAHA

udah ah, capek.. bye

Friday, May 14, 2010

ini semua pilihan .

setelah sekian lama gw menghilang dari dunia blog ini, (lama kah ?) dan setelah gw membaca blog seseorang, gw baru sadar " gw kangen nulis lagi ".
ya, walaupun tulisan gw belum bisa dijual dan masih seenak jidat bahasanya, gw suka banget buat nulis. gw suka disaat gw menuliskan dan menggambarkan apa yang gw rasain.
gw baru bisa bilang suka sekarang,dan cinta itu pun kutunggu :)

ngomong - ngomong tentang pilihan, ya sekarang gw lagi proses memilih loh!
tapi bukan pilih jodoh! hahaha
pilihan yg gw maksud adalah memilih jurusan.

mungkin bagi sebagian sahabat dan teman-teman sekitar gw udah pada tau alasan gw masuk Fakultas Ilmu Komunikasi adalah untuk Jurnalistik.
tapi, knp sekarang malah bingung?!!!!

gw ga suka banget buat milih. tapi gw sadar, HIDUP ITU PILIHAN :)
disaat gw yakin untuk menaruh hati kepada jurnalistik, disaat itu juga gw bimbang.
entah kenapa banyak orang yg menyarankan gw untuk memilih humas.
why? karena gw bawel daJustify Fulln ga bisa diem. hahaha
jujur gw sempet down ketika banyak senior senior yg menceritakan betapa menyeramkan di jurnalistik. tapi gw ga peduli. toh itu emg konsekuensi yang harus gw ambil kan?
gw mikir loh, pasti di setiap jurusan punya 'kelebihan'nya masing masing.

well, kita liat aja nanti apa keputusan gw.
tapi pilihan gw sangat amat berat di jurnalistik.
gw suka dengan ke hectic-annya, dengan dosennya, dan satu orang yang membuat gw terkagum-kagum.. wahaha
berlebihan emang, gw pun belum kenal secara langsung dengan dia, tapi gw suka.
sooooo impressed :)

Thursday, April 22, 2010

I don't know why, but i'm tired :(

that's what i'm feeling now ;( .
berlebihan ga sih? yaa, yg mikir berlebihan ya gpp juga sih ya.. hhee

tapi emang beneran deh, entah kenapa gw ngerasa capeeeek banget!!!
padahal klo pun dipikir gw masih semester 2 sekarang, yg kata senior gw masih bisa berleha-leha.
tapi buat gw salah banget!
di semester 2 ini banyak banget yg harus dikerjain sebagai tugas akhir, dan yg pasti we talk about MONEY! huaaah, bukannya gw ga respek sama tugas gw sendiri, tapi kenapa harus jadi ngebebanin murid sih?!
ya kan ga semua murid bisa banyak-banyak ngeluarin uang kan? buat makan aja susah.. hahaha.

ya, tugas akhir gw disini tuh ada macem-macem :

1. festival budaya
2. tabloid
3. seminar

yang paling merepotkan apa cobaaa? FESTIVAL BUDAYA!. gw akuin juga, festival ini sangat seruuuuuuuuu!!!
tapi ya itu tadi, entah kenapa gw lagi sangat sangat capek dan jenuuuh.
sumpah gw jenuh banget, ngadepin banyaknya tekanan dari orang-orang (bukan orang-orang, beberapa orang ) yg menurut gw terlalu menuntut peran gw.
hey, what the hell are you?!!!!



huaaaah, maaf kalo ada kata-kata kasar. tapi tu yg gw rasain sekarang :(
gw lg pengen banget meRefresh pikiran gw sebentar, ya paing nggak 2 hari gitu..
tapi sialnya lg, minggu ini gw gabisa pulang.
yg bisa gw lakukan saat ini hanyalah bersabar.

doakan gw ya, agar bisa menemukan semangat gw :)
ayo SEMANGAAAAAAAT :) :)

Tuesday, April 20, 2010

Rain :)



i dont know why, but i really love this :) :)
















Thursday, April 8, 2010

yeah, im back :)

hai, apa kabar? :p
setelah waktu yang menurut gw lama, akhirnya gw nulis blog lagi.
kenapa?
entah kenapa, minggu - minggu kemarin hasrat buat nulis gw 0 besar kawan-kawan :(
gw juga bingung sendiri, dan gw menyadari ada sesuatu yang salah di diri gw.
sesuatu yang salah itu mungkin gabisa gw ceritain disini. tapi yang jelas minggu-minggu kemarin gw sangatlah down.
and now, im back :) being myself again :) :)

oh iya, tad ada hal-hal yang membuat gw inget terus sepanjang hari ini.
pertama pas lagi kuliah bersama. ga kuliah bersama sih, jadi kaya ada penyuluhan gitu tentang apa yang wajib diketahui mahasiswa.
trus pas lagi kuliah pengantar humas.

dosen pengantar humas gw, pak anwar sani, memberikan kata-kata baru yang akan terus tertempel di otak gw.. hahaha..
yaaa, walaupun dia selalu bikin ngantuk karena selama 3 jam kuliah dia ga berhenti ngomong >_<.
he said : saya kuliah di fakultas ilmu komunikasi karena sudah DIKUTUK dari kecil .
yeah!!!!!
he is soooo RIGHT !. kenapa kenapa??
karena gw pun merasa gitu juga doong :) :)
dari jaman gw TK, SD, SMP, dan SMA hal yang paling gw senengin adalah berbicara dengan orang, mengenal orang baru, mengenal hal hal baru, dan mengutamakan ke eksisan diri.
hahahahahaha.
okey, ketika lo mikir gw berlebihan dan ke PD an, ga masalah lah ya. :p

tapi emang gitu sifatnya anak fikom, selalu pengen eksis. hahaha
yang jelas, gw ga akan berhenti untuk terus bermimpi. bermimpi akan lulus 3 tahun lagi, dan insya allah kerja di luar negeri. amin ya allah. :) :)

Tuesday, March 30, 2010

This Is It !

ini dia, hasil dari kamea octopus yang pernah gw beli.
hasilnya emang ga begitu mengecewakan, tapi yang bikin gw kesel dari 1 roll film yang berhasil jadi cuma setengahnya.
ga sampe setengahnya malah :(
yaa, pelajaran banget deh ya buat gw bahkan orang-orang.
kalo mau foto pake kamera analaog, hanya satu yang harus diperhatiin dan wajib banget : CAHAYA !!!







Thursday, March 25, 2010

Love itu Cinta


terlihat berat ga sih judulnya? bukan berat kali ya, lagi melankolis. hahaa

gw mencoba menulis tentang ini karena banyak faktor juga ya.
faktor paling utama sih orang-orang di sekeliling gw alias orang terdekat gw saat ini lagi falling in love.. haha
not really in love, but i really love to see her like that :)

ngomong-ngomong tentang cinta, buat gw itu hal yang paling lumrah banget buat setiap orang. karena setiap manusia pasti merasakan. Cinta itu Fitrah loh!
jadi jangan sia-siain atau memandang sebelah mata. ya, walaupun orang juga punya pandangannya masing-masing tentang cinta.

buat kehidupan gw sendiri, ge selalu bersyukur bisa merasakan hal itu.
buat keluarga, sahabat, pacar, temen dan orang sekitar.
alhamdulillah banget gw masih bisa berpipikir jernih buat ga menyia-nyiakan hal seperti itu.

mmmm, berasal dari pengalaman orang sekitar juga nih!
ternyata masih banyak temen-temen gw yang masih stuck buat cinta. ya, terutama pacar ya.
yang bisa gw ambil adalah ketika seseorang menemukan hal yang mebuat diri merka bahagia, lalu mereka mencoba, mereka senang bahkan mengasihi satu sama lain.
tetapi, ada hal yang selalu membuat mereka selalu tidak yakin dengan orang itu.
yaa, hal hal tertentu untuk masing-masing orang tentunya.

dari situ, kesimpulan yang gw ambil apakah setiap orang takut untuk mencoba?
setiap oang takut untuk mengambil keputusan dalam hidupnya terutama untuk cinta itu sendiri.
mereka takut untuk meyakini diri meeka sendiri bahwa he is the right one or she is the right one.
okey, gw sendiri juga belum terlalu meyakini pacar gw he is the right one ya. tapi gw udah mencoba untuk mengenal dan menjalani sampai suatu saat gw bener-bener yakin sama dia. amiiin...

for everyone, jangan sia-siakan deh cinta yang udah ada buat diri lo.
kita ga akan pernah tahu apa yang akan terjadi sebelum kita mencoba kan?
kaya kata reality show yang waktu itu pernah ada, 'love will find you if you try ! "

:)

Saturday, March 20, 2010

Soo Special Guys ! :)

seperti judulnya, blog ini special banget buat temen, ade, sahabat gw :)
those people are :

boys : fariz fadhlirrahman (ci bebek :)), Ilham ardiansyah (yg paling ganteng),

Khibran Ridwan (yg ga kalah ganteng), Syukri Sayyid (si abang), Afif

Fadhlurrahman (si abang gahar), Panji Wijaya (yg paling keren), Arsala Riski

(beib nya si cantik), Rifki Adib (lepak).



girls : Misyka Nadziratul haq (Ndut kuuuu), Anjani Anggitasari (si heboh),

Hunainah ( hunny kuu), Anisah Yumna (yg paling lucu), Arisya Hanifah (adenya

abang :p), Nurin Adlina (yg paling cantik), Nimas Amelia(yg bawel),Mufida(si upiiiid)





hosh hosh.. banyak ya ternyata :)

kenapa secial? karena mereka mau UAN..
UAN kan hari yg special ya? hari mereka berjuang buat diri mereka. lebay.
gw yakin banget dooong mereka bisa.
ya gaaaa?
harus bisa dan harus luluuuus..
ayo semangaaaaaaat :)
uan kan bukan buat ditakutin, tapi di hadepin ya.

this is your way, all :)

semangat juga buat menggapai PTN yang diinginkan, semoga mendapatkan yang terbaik. inget ya, rencana Allah itu selalu indaaaah :)
yg mau ke luar negeri juga semangat ya..

mungkin ini bukan apa apa, tapi kalian juga nyemangatin gw tahun lalu dan ini waktunya untuk kalian.
semangat yaaaa!
aku jadi sediiiih.. hhhee


i love you, all :)

Thursday, March 18, 2010

Tentang Mimpi Lagi

dari kemaren mimpi terus deh yang gw omongin.. hhee

gw mau cerita ini dulu deh sebelum ngomongin mimpi.
hari ini gw ikut pra diklat KJ 21. apa KJ 21?
KJ 21 adalah salah satu UKM (unit kegiatan mahasiswa) di fikom unpad.
singkatannya, Kelompok Jatinangor 21. UKM ini berkegiatan di bidang sosial, lebih tepatnya kita kaya punya adik asuh gitu deh.
awalnya emang ga begitu tertarik, tapi dengan ajakan teman dekat gw, akhirnya gw ikutan.

yang awalnya males ikutan pra diklat karena lumayan sore, tapi pas udah selesai gw merasa beruntung karena gw mengurung males gw itu.
i learned so much! :)
yg tadi mengisi acara itu kang ahmad namanya, ketua BEM yang baru kepilih.
gw ngerasa dia bisa menjadi seorang motivator yang baik dan bagus. karena dia mempunyai kemampuan yang bagus.
secara garis besar dia 'membuka' dalam dalam hati, jiwa dan pikiran tentang betapa pentingnya rasa empati, dan itu bisa dibangun dengan mengikuti KJ 21.
sampai dia pun menceritakan kisah kisah yang sebenernya miris untuk semua orang, dan itu terjadi di UNPAD. ya allah, saat itu juga gw beristighfar dan bersyukur.

sampai kang ahmad bilang perkataan perkataan dari :

filsuf : " bagi siapapun manusia yang hidup dan sampai matinya tanpa memperhatikan orang lain maka ia bisa dibilang hina "

rasulullah : " sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain "

waw, gw tambah merasa tertampar.
semoga dengan pilihan ini gw bisa semakin lebih introspeksi dan mencintai sesama.

lalu, sampe di bagian kang ahmad bicara tentang mimpi.
dia bilang, awal keberhasilan itu dari mimpi-mimpi.
ya, mimpi gw emang ga gampang. ta[i itu bisa terealisasikan dengan usaha yang harus gw kerjakan dari sekarang! yeah! semangaaaaaat :)

okay,pokonya gw seneng banget deh bisa dapet pelajaran yang buat gw banyak hari ini.

ya allah, berikanlah kemudahan untuk kami semua . amiin. :)

oia, kang ahmad itu bukan dari fikom oh.
dia dari Fakultas teknik industri pangan.

Hujan dan Mimpi

(harusnya ini gw post tadi malem, 17 maret. tapi gara2 internet nyari ribut jdi baru bisa pagi ini deeh)

yihi banget ga sih judulnya? berasa puitis deh gw.. hahaha


okey, hari ini jatinangor lagi hujan (lagi).
tapi gatau kenapa, beda aja rasanya hujan hari ini.
tadi pas pelajaran Komunikasi Lintas Budaya di gedung 2, gw ngeliat gimana proses mau hujan. haha, apasih gw.
gw suka aja pas tiba tiba langit jadi mendung, trus turun kabut.
waaaaw, gw suka banget hal tadi. coba tadi bisa gw foto :(

baru tadi gedung 2 ga ngebosenin. gara gara udara dan pemandangannya.
dan hal itu yang ngebuat temen sebelah gw, bintang, jadi ga kobe mukanya gara gara ngantuk. :p

okey, dan sekarang pun masih hujan loh. membuat kamar gw semakin dingin >_<.
but i love this :), thanks god.
tentang mimpi, entah kenapa akhir-akhir ini gw memikirkan masa depan gw.
well, masa depan yg gw impi impikan sejak dulu dan semakin membuncah.. hahaha

dulu gw sesuka hati aja bermimpi.
dan setelah membaca plus menonton sang pemimpi, gw makin ga takut untuk bermimpi.
gw yakin kok, dengan adanya action untuk merealisasikan mimpi gw, itu bisa tercapai.
SOMEDAY, I WILL.

apa mimpi mimpi gw? hahaha lebay deh mulai.
i will write that later.
masih ada tugas yang menungguku dengan genitnya..

bye :)

I REALLY LOVE TO WRITE :)

Monday, March 15, 2010

entahlah :p

okey, sekarang sudah menjelang tengah malam.. hahaha masih satu jam lagi ternyata. gini deh kalo besok libur , ya libur yg sebenernya ga ngaruh buat gw. kenapa? karena emang setiap selasa gw ga ada kuliah! berarti besok gw rugi gitu deh.. huhu..
lagi mengirit uang nih. karena sabtu kemarin gw habis hedon di bandung.. haha


oia, gw baru beli kamera. yaaaa, sambil menunggu SLR dari ortu gw iseng membeli kamera analog yang murah. bisa dibilang kaya toy cam gitu deh.
namanya kamera octopuuuus.


gw beli di online shop RP 35.000!
kemaren pas di bandung gw pake, dan penasaran sama hasilnya >_<

tanggal 5 april nanti gw udah mulai UTS :( ya allah, berilah kemudahan..
gw juga masih stuck sama tugas komunikasi visual yang buat gw ga jelas. kenapa ga jelas? tadi gw tulis kan, KOMUNIKASI VISUAL.. you know? tugasnya tentang PSIKOLOGI KOMUNIKASI. how caaaaaan?
buat gw itu ga nyambung. oh my god, waktu udah semakin mepet buat uts, tapi tuh dosen suka banget bertele-tele. yasudahlah gw pikir, kerjain aja.. ya ga?

haduh haduh masih pengen nulis tapi si bebek udah sms..

lanjutin besok deh yaaaa..


GOOD NITE :)



I REALY LOVE TO WRITE :)

Tuesday, March 9, 2010

awesooome :)

okey, tepat pada anggal 5 maret 2010 gw sama nyokap akhirnya nonton My Name Is Khan.
i was really great movie :)


ya, walaupun di sepanjang film gw terus berurai air mataaa.. wahahaha..
pas nonton film itu pun semangat nulis gw mulai membuncah!

kenapa? karena emang isi dari folm tersebut sangat patut untuk dibahas.
banyyaaaaaak banget pesan yang tersirat dari film itu.
mengingatkan betapa agama itu emang sensitif untuk dipergunjingkan.

ya gw sebagai yang menganut islam bener-bener miris ngeliat kejadian yang sebenernya bukan tabu lagi.
apalagi yang di sorot itu gimana kondisi orang islam pasca kejadian 11 september WTC.
gimana ya? rasanya pengen marah aja gitu.
marah buat apa? gw marah sekaligus tertampar ngeliat hal-hal yang udah dilakukan Khan.
gw menyadakan diri gw dan terus bertanya, apa aja sih yang udah lo lakuin buat sekitar lo dengan membawa agama lo? waaaaaaaw.. berat bangettt!

apalagi pas Khan bilang ke semua orang kalo pesan untuk sang presiden itu " my name is kan, and im not a terrorist".
gw sebelumnya udah denger kata kata itu, tapi emang ngena banget kalo pas di filmnya.

kata-kata yang paling gw seneng, dan bakal terus gw inget disaat Khan lagi masjid terus dia ngedenger hal yang menurut dia salah. tapi emang bener salah loh!
kata katanya gini :
"jalan tuhan adalah jalan cinta bukan kebencian dan kejahatan "

mungkin emng ga waw banget, tapi itu bermakna banget buat gw.
menyiratkan buat semua orang yang merasa beragama kalo kita tuh hidup buat berbagi loh, buat saling membantu, bukan untuk saling menjatuhkan.

gw pengen banget bisa berarti buat setiap orang yang ada sesuai yang diperintahkan agama gw, bukan hanya untuk diri gw sendiri.

Saturday, February 27, 2010

realita ?

kemarin, tanggal 26 februari 2010 gw nginep di kosan temen gw.
kenapa harus nginep sementara tugas gw semakin menumpuk?
bukan untuk bermain-main ya! gw nginep gara-gara kosan gw mati lampu.
biasanya sih sebentar (?), tapi entah kenapa, dari jam 6 pagi trus gw nunggu sampe jam 5 sore belim hidup juga tuh listrik.. ck.. gimana ga bt.

okey, sesampai di kosannya pun gw tidak mengerjakan tugas.
karena di kosan temen gw yg namanya nonon itu ada tv. bukan berarti di kosan gw ga ada tv, lebih tepatnya dia memasang indovision.
ga heran dong gw pantengin terus tuh HBO.. hahahha

terus,berlanjut film the mummy di salah satu tv swasta.
padahal udah jam 1 pagian gitu deh, gatau kenapa masih pengen nonton lagi.
pas lagi nyoba2 channel tv, ada perempuan berkalung sorban.
okey, karena gw belum pernah nonton tu film, gw nonton deh walaupun ga dari awal.






tahu, setelah ge selesai nonton tu film?
gw takjuuub (hahaha lebay).
tpi serius deh ya, awalnya gw bener2 meremehkan tu film!

yg bikin gw kaget sekaligus terkesan, sampe gw tulis di blog, itu gara gara kehidupannya dia.
cerita si pemeran utamanya itu, dimana dia hidup di suatu pesantren, krn dya ank yg punya pesantren, membuat dia rindu akan kebebasan.
sebagai ank yg mengerti ttg agama pun dia ga gitu aja mengiyakan kalo perempuan harus hidup di bawah perintah suami.
dia terus memperjuangkan kalo perempuan juga punya hak untuk memperjuangkan cita citanya.
apalagi, di film itu digambarkan dimana suasana pesantren i.tu ga memperbolehkan muridnya untuk mengetahui dunia luar (untuk perempuan).
adanya larangan membaca buku-buku, bahkan menulis. mereka (para atasan)menafsirkan bahwa itu semua ga ada manfaatnya, hanya ada mudharat.
bukannya mau menghakimi loh, tapi gw sebagai muslim dan penggemar berat buku dan menulis jadi mikir.
apa sampe sekarang masih kaya gitu ya? dimana calon penerus masih terbelenggu?
islam memang mengajarkan untuk mempelajari al-quran. tapi islam juga mengajarkan untuk mencari ilmu setinggi tingginya.
menurut gw, asalkan kita tahu mana yg bener dan mana yg salah, ga masalah..

haduh, menggebu0gebu banget deh gw pokonya...
semoga hal yg kaya gitu bisa dihilangkan dan dibuat sebagai pelajaran..
apa sampe skrg

Wednesday, February 24, 2010

sukses !

bukan sukses ulangan loooh! hhhee
tepatnya sukses memberikan surprise buat si bebek.. ciee :)



yaaa, happy birthday bebeeeek :)
wish you all the best yaa..
maaf telah 'membohongimu'.. kan terpaksa tauuuuu.




makasia buat semua yang udah ngebantuin :)

jadi gini loh ceritanya.
dia ulang tahun tanggal 22 februari senin kemaren.
dan dia taunya kalo gw udah balik ke nangor, dia percaya loooh!!
haduh, pokonya seneng deh ya. that was the first time i did it!!

fotonya belum sempet di upload, nanti deh ya kalo udah sempet.. :)

Tuesday, February 16, 2010

semakin berat :(

yaa, sesuai dengan judul kali ini..

HARDER !

baru seminggu 2 hari kuliah, kerasa makin berat aja deeh .
berat dalam artian, sekarang udah makin banyak TUGAS dan jalan menempuh jurnalistik tuh ga segampang yang dibayangkan.
kenapa? kalo kata orang-orang sih harus kuat mental dan fisik.
tapi gabuat patah semangat doong. malah makin semangat setelah mendengar berbagai pengalaman dari para dosen dan senior.

pertama, cerita dari dosen pengantar mankom, bu jenny (baca : yenny).
yaa, walaupun beliau berasal dari jurusan mankom, ga menutup kemungkinan beliau mempunyai pengalaman di jurnalistik!
intinya, orang dari jurusan manapun bisa masuk ke jurnalisme, asal mereka bisa SURVIVE!
ya, survive adalah kata kata yang paling gw butuhin sekarang :)

kedua, tidak lain dan tidak bukan sang dosen pengantar jurnalistik!
walaupun pelajaran itu di hari senin dan mata kuliah terakhir (sampe sore ), ya harus tetep enjoy dooong.. hhhee

cerita dari mereka membuka pikiran gw kalo menulis itu bukan hal yang mudah. menulis dalam artian membahas suatu konsentrasi loh!
bukan nulis blog... hhhee
gimanapun, gw harus bisa masuk jurnalistik, harus banget malah!
dan di semester ini gw harus lebih giat, untuk memperbaiki nilai.
bukan berarti nilai kemaren jelek, cuma ga seperti yang gw harapkan.. hhhee
alhamdulillah deeeeh..

jurnalistik oh jurnalistiiik.....

Tuesday, February 9, 2010

bukan hanya , tetapi memang harus !

aneh ga sih judulnya? entah kenapa kepikiran aja ngasih judul kaya gitu. setelah sempat terkejut dengan hasil ip semester 1, gw pun bertekad buat lebih serius lagi. berarti selama semester kemaren gw kePDan kali ya? haha entahlah, yg pasti gw tersadar berarti gw HANYA merasa serius padahal tidak.. ck.

semester 2 pun dimulai senin 8 februari kemarin.
memang, mata kuliah yg ada pun mulai semakin 'berat'. lebay ya? hhee pas lagi mata kuliah pengantar ilmu mankom, (manajemen komunikasi) entah kenapa, rasa buat harus lebih rajin itu makin tergugah! sang dosen, pak deddy namanya, padahal cuma memberikan kata kata motivasi dan bahkan banyak bercerita! plok plok ploooook trus rasa HARUS itu semakin berkobar setelah matkul pengantar jurnalistik. yaa, materi yg dimulai dengan menonton film. dan tahu apa filmnya?

veronica guerin, kisah seorang perempuan yang berkecimpung di dunia jurnalistik. ga bohong, film itu membuat gw semakin tergugah dengan dunia jurnalistik. kisah nytata loh! keren dan inspered!





gw harus yakin dengan pilihan gw. gw harus yakin dengan kemampuan yang gw punya. dan gw yakin semua udh ada jalannya. gw harus lebih membanggakan orang tua gw.. :) yaa, kata kata yg selalu gw ucapkan, HARUS, PASTI, dan SEMANGAT !

Sunday, February 7, 2010

berawal dari angka 7

ya, like the title! starts from seven :)
sekarang juga tanggal tujuh loh.. cieee..
gatau kenapa, tanggal tujuh jadi tanggal yg berarti buat gw sama bebek.
walaupun awal kenal dia bukan tanggal 7, tapi semua berawal dari tanggal 7.

makasih ya buat semuanya, bebeeeek...

haduuuh, pokonya makasiiiiiiiiih!
emg ga bakal bisa deh cerita beginian di blog.. fuuuuuh :p

Friday, January 22, 2010

great wednesday

yeah, wednesdays' story.. akhirnya setelah sekian lama ngumpul lagi deh sama bacxsos, walaupun hanya ber TUJUH ! okey, thats my lucky number :)

kita ngumpul di margo, tempat paling bagus di depok.. hahahaaa.. lebih deeeh.. ada gw, dhini, orin, nanin, mela, ijun, dan vinny.. yg awalnya hanya duduk duduk di food court, kita memutuskan makan di ichiban sushi! ya, karna hari itu juga gw pengen banget sushi. berawal dari situ lah kegilaan kami muncul!
ada bapak bapak yg mesen sushi tapi pas udh di pesen sushi itu masih lengkap alias GA DIMAKAN!
gw dan dini memberanikan diri ngomong sama pelayan buat ngasih sushinya ke kita aj, darpada sayang dibuang.. hahahahaa tpi ternyata ga boleh, kata mba nya sih gara gara bekas orang, padahal sama sekali belum disentuh, saudara saudara!!!!!
yasudahlah, yg penting kami tetap bahagia. ngegosip sana siniiiii :) .


ga mungkin deh ga ngegosip..
sampe capek di ichiban pindahlah kami ke J.co. yaaaaa, pakan Jcool dooong... intinya hari itu adalah ngegosip dan makan!!!! i really miss highscool time! highscool never ends deeeeeh :)

Tuesday, January 19, 2010

be better :)

ga tau kenapa, makin lama makin banyak aja penghalang.
bukan penghalang sih sebenernya, tapi hal-hal yang selalu jadi 'ganjelan'.
dari masalah kuliah, friendship, sampe si bebek.. hahaha
kalo kuliah sih fine fine aja deh, paling capek buat belajar dan menahan godaan-godaan main..

soal temen, ya maklumlah, kuliah kan banyak temen baru. dan masih banya juga buat belajar mengenal pribadi masing-masing.
ga enaknya, karena kita terlanjur deket tanpa didahulukan untuk mengenal, ada aja masalah yang sebenernya emang harus diselesaikan dengan pengertian, bukan jadi nyari musuh.
gasuka banget deh ada hal yg kaya gituuuu!!!
i really love you all my friends :)

kalo soal bebek???????????
gatau kenapa semakin kesini banyak banget batu yang jdi ganjelan.
gatau gwnya yg terlalu sensitif atau dianya yang emang ga peka?
pengen banget deh ngomongin semua hal-hal yg ga enak, tpi belum ada waku kali yaaa..
emg sebenernya, baik baik aja koq kita, cuma ya gitu deeeeh..
(sepeti biasa gabisa banyak cerita kalo soal beginian)
cuma bisa berharap bebek bisa lebih peka dan ngertiii :)

penting ga sih cerita gw? hhhee
penting ah...